Rabu, 04 November 2009

Hubungan Wawasan Nusantara dengan Hutan


Wawasan nusantara memiliki keterkaitan dengan masalah kehutanan. Tentunya jika seandainya kita mampu menerap kan wawasan nusantara bagi setiap diri kita tentunya hutan kita akan selalu terjaga dan terhindar dari kerusakan karena seperti yang kita ketahui wawasan nusantara merupakan norma-norma dasar yag harus kita pahami. tapi sayangnya kita seringlupa akan makna dari wawasan nusantara sehingga banyak orang yang semena-mena merusak hutan tanpa memikirkan akibat nya nanti.

Wawasan nusantara bagi bangsa Indonesia disatu sisi merupakan pedoman dan rambu-rambu, sedangkan disisi lain menjadi penggerak dan pendorong dalam mencapai tujuan nasional dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia. Sekarang ini masalah kerusakan hutan telah menjadi masalah yang global yang harus kita tangani bersama.

Secara umum wawasan nasional berarti cara pandang suatu bangsa tentang diri dan lingkungan yang dijabarkan dari dasar falsafah dan sejarah bangsa itu esuai dengan kondisi dan posisi geografi negaranya untuk mencapai tujuan atau cita-cita nasional. Sedangkan wawasan nusantara mempunyai arti cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan nya berdasarkan pancasila dan UUD 45 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantaranya .

Adapun arti wawasan nusantara jika kita kaitkan dengan ilmu kehutanan adalah bahwa dalam mengelolah dan mengembangkan daerah hutan haruslah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sebagai manusia khusunya pengelolah hutan kita harus benar-benar melihat, memandang, dan meninjau dari daerah hutan tersebut. Manakalah hutan yang bisa kita jadikan sebagai hutan lindung, konservasi, wisata dan rekreasi. Untuk itu kita harus pandai dalam hal memilah-milah nya. Sehinga nanti nya kita menjadi makhluk yang hanya bias merusak tanpa bisa memperbaikinya.

Selain itu akibat yang akan ditimbulkan apabila kita melupakan akan wawasan nusantara dalam mengelolah hutan adalah akan banyak bencana alam yang ditimbulkan karena kerusakan yang kita lakukan . hal ini tentu tidak kita inginkan karena bencana alam yang diakibatkan oleh kerusakan hutan telah merengut banyak nyawa yang tidak berdosa.

Namun kita sebagai manusia hanya bisa mengeluh tanpa mencari solusi bagaimana cara memperbaiki dan menanggulangi bencana yang terjadi . maka dari itu kita sebagai generasi muda diharapkan untuk bisa menyerap makna dari wawasan nusantara agar kita bisa memperbaiki dan menjaga hutan kita dari kerusakan. Mari kita manfaatkan hutan kita dengan sebaik-baiknya tanpa merusak nya. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa hutan Indonesia adalah hutan teluas nomor 2 di dunia sehingga Indonesia disebut sebagai Negara paru-paru dunia karena Negara kita sebagai penyedia gas O2 bagi Negara-negara lain di dunia. Oleh karena itu mereka juga sangat berharap agar alam Indonesia tidak rusak karena mereka pasti akan akan merasakan dampaknya juga.

3 komentar:

  1. makasih ya.......

    ini blog pnya jurusan kehutanan universitas riau

    BalasHapus
  2. saya memerlukan beberapa tenaga budi daya kehutanan unri. harap hub wa/telegram 082388195090. trims

    BalasHapus